8 Desain Box Subwoofer Mobil Pilihan Untuk Performa Sistem Audio

Posted by

Jenis Desain Box Subwoofer Mobil


Performa subwoofer dalam membuahkan suara bass yang rendah serta juga solid pastinya di dukung dengan enclosure atau box subwoofer. Box subwoofer yang ada di mobil umumnya mempunyai ukuran yang tidak sama, hal semacam ini sesuai dengan referensi data tehnis dari subwoofer itu. Tetapi masing-masing installer audio, mempunyai style tidak sama dalam bikin design box.

Box subwoofer terbagi dalam beragam type serta jenis. Design, ukuran (dimensi) serta jenis box subwoofer umumnya terang diperhitungkan pada waktu pembuatan, juga rancangan dengan cara cermat juga sering dijalani beberapa installer audio.

Semasing jenis box mempunyai nilai kelebihan serta kekurangan, seluruhnya jenis box bila diterapkan dengan benar bakal berikan performa subwoofer yang maksimal. Di bawah ini, beberapa jenis box subwoofer yang kerap diterapkan di car audio :

1. Sealed Box

Sealed Box
Sealed Box
Wujud sealed memakai hitung volume untuk menolong kurangi serta mengontrol pergantian. Umumnya jenis ini mempunyai area box yg tidak berlubang. Wujud box sealed diakui dapat berikan gebukan bass yang halus serta tanggapannya pas. Nah buat penggemar audio kosmetik umumnya memakai type box ini tersebut dengan instalasi subwoofer reverse (terbalik).

Keunggulan : Box kecil, dapat keluarkan tenaga yang besar, tanggapan pas, gampang di buat, bisa hindari kekeliruan dalam pembuatan.
Kekurangan : Efisiensi terbatas.

2. Vented (ported)

Vented (ported)
Vented (ported)
Wujud jenis box seperti ini memakai lubang atau port, lubang ini bertindak untuk menaikkan output frequency rendah, angin didalam box dikeluarkan seperti piston atau motor, step perpindahan angin itu bisa jadi besar frequency subwoofer. Jenis box ini umum dipakai pada system SQ atau SPL.

Keunggulan : Dapat menaikkan efisiensi, menyokong output frequency rendah, distorsi kecil.
Kekurangan : Ukurannya besar, tak ada control tuning frequency, pembuatan box agak sulit.

3. Infinite Baffle (free air)

Subwoofer melekat pada permukaan dengan memisahkan gelombang depan dengan sisi belakang, wujud ini tak membutuhkan ukuran yang besar. Box jenis ini umumnya kerap dipakai pada kendaraan type sedan.
type sedan
type sedan
Keunggulan : Resonansi benar-benar rendah, pemakaian tempat tak terlampau besar.
Kekurangan : Output terbatas, umumnya benar-benar susah untuk memperkuat gelombang depan dari belakang.

4. Isobaric

Isobaric
Isobaric
Jenis memakai dua subwoofer dengan melekat face to face, dengan satu sistem cable yang berlawanan. Dengan cara garis besar isobaric terbagi dalam 2 subwoofer, 2 amplifier dari 1/2 ukuran box.
Keunggulan : Ukurannya benar-benar kecil, distorsi rendah
Kekurangan : Efisiensi benar-benar kecil, ukurannya kecil untuk ukuran yang disarankan buat dua subwoofer.

5. Acoustic Couple

Acoustic Couple
Acoustic Couple
Dua subwoofer yang dipasang dalam box rapat, hal semacam ini untuk menaikkan volume.
Keunggulan : Gampang bikin untuk membagi ukuran.
Kekurangan : Perbedaan data output dari masing-masing driver, wujud ini lebih lentur tiada penambahan penguat.

6. Aperiodic

Aperiodic
Aperiodic
Jenis ini memakai selaput luar untuk mengecilkan subwoofer serta meratakan impedansi yang keluar.
Keunggulan : Sesungguhnya tak ada ukuran, tanggapannya benar-benar tidak tebal.
Kekurangan : Efisiensi rendah, umumnya membutuhkan subwoofer yang besar. Pembuatannya sulit serta butuh tuning yang tepat

7. Reflex bandpass

Reflex bandpass
Reflex bandpass
Wujud sealed yang dipasang jadi wujud port untuk memiliki penyaring lowpass. Ini untuk menaikkan efiesiensi hingga bandpass atau dipakai frequency dari jenisnya. Wujud ini terbagi dalam single reflex bandpass serta dual reflex bandpass. Ke-2 box ini memerlukan tuning yg tidak sama.
Keunggulan : Benar-benar efektif untuk bandpass, bisa di buat untuk menaikkan frequency, menaikkan tenaga yang dihasilkan. Pas untuk tenaga power yang rendah.
Kekurangan : Distorsi tinggi, subwoofer mudah rusak, ukurannya relatif besar dan pembuatannya benar-benar susah.

8. Labyrinth

Labyrinth
Labyrinth
Wujud dari transmission line ( type box yang didalamnya ada sekat untuk berikan output yang besar), wujud ini memakai port, didalam box ada sekat.
Keunggulan : Bisa membuahkan output yang optimal pada frequency tertentu
Kekurangan : Susah dalam pembuatannya, ukurannya besar tak praktis.
Sumber


Blog, Updated at: 10:19 AM
Powered by Blogger.