Mekanisme cara kerja sistem kopling

Posted by

Pengertian Kopling


Kopling/Clutch adalah merupakan peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengna poros roda gigi transmisi. Manfaat kopling yaitu untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi, lalu transmisi merubah tingkat kecepatan sesuai sama dengan yang di idamkan.
Kopling/Clutch adalah merupakan peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengna poros roda gigi transmisi. Manfaat kopling yaitu untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi, lalu transmisi merubah tingkat kecepatan sesuai sama dengan yang di idamkan.

Dalam situasi normal, di mana manfaat kopling bekerja dengan terbaik, demikian pengemudi menghimpit pedal kopling, tenaga mesin bakal di putuskan, lantaran waktu pedal ditekan maka style tekan itu bakal mendorong release fork serta release fork bakal mendorong release bearing. Hingga release bearing bakal mengangkat mendorong pegas diaprahgma serta preaseure palte, clutch disc bakal lepas dengan flywheel. Serentak roda gigi bakal lepas dari dampak putaran mesin. Keadaan inilah yang sangat mungkin terjadinya perpindahan roda gigi pada transmisi. Saat ini ada beragam type kopling salah satunya kopling gesek, kopling fluida, koping sentrifugal, serta kopling magnet. Namun yang paling banyak dipakai oleh kendaraan bermotor yaitu type koping gesek jenis plat serta kopling gesek jenis kerucut, di mana untuk kopling jenis plat ini dapat berbentuk kopling plat basah serta kopling plat kering. Kopling plat basah yaitu kopling yang plat-platnya di rendam dengan minyak pelumas. Umumnya kopling type ini dipakai oleh sepeda motor. Sedang type kopling plat kering yaitu type kopling yang plat-platnya tak di rendam oleh minyak pelumas. Biasanya dipakai pada mobil serta sepeda motor tua buatan Eropa. keunggulan dari kopling plat basah yaitu tak cepat aus, lantaran dilumasi oleh oli. Kekurangannya, kendala geseknya kurang hingga tak dapat memindahkan tenaga seefektif kopling kering. Terlebih apabila di tambahakan bahan aditif pelicin, kopling dapat slip. Kopling kering cepat aus lantaran tak terkena oli namun tenaga perpindahan dari mesin ke roda gigi lebih terbaik.

Pada umunya, sisi utama kopling terdiri atas 3 jenis, yakni unit kopling, tutup kopling, serta unit pembebas. Unit kopling terdiri atas plat kopling, plat tekan, serta pegas kopling. Tutup kopling diikat oleh roda hilang ingatan, sedang didalamnya dipasangkan pada roda poros persneling serta diletakkan di antara roda hilang ingatan serta plat tekan. Plat tekan bakal menghimpit plat kopling pada roga hilang ingatan karenanya ada desakan dari pegas-pegas koping. Peranti ini di buat berbahan besi tuangkan di mana sisi permukaannya di buat halus serta rata. Sedang plat kopling di untuk buat berikan gesekan yang besar pada roda hilang ingatan serta plat tekan dan diletakkan di antara keduanya. Pada ke-2 permukaan plat kopling ini dipasangkan kampas serta dikeling dengna paku keling, serta umumnya pada permukaan platnya diberi kepingan logam. Fungsinya yaitu untuk memperkuat serta juga untuk menyalurkan panas. Diluar itu, di bagian tengah plat kopling ada pegas torsi. Pegas torsi berperan untuk kurangi kejutan-kejutan yang berlangsung pada saat kopling bekerja serta untuk menghindar kemungkinan pecahnya plat kopling atau rusaknya yang lain seperti bengkoknya plat kopling

Langkah Kerja :

Fly wheel atau roda hilang ingatan melanjutkan sekalian menaruh daya dari Crank Saft (kruk as) mesin waktu mesin hidup (berputar), Plat kopling jadi hanya satu penghubung tenaga mesin dengan Porseneling kita yang pada akhirnya tenaga ini bakal diteruskan ke Roda. Sedang Dekrup bekerja untuk pengatur kapan tenaga mesin di lanjutkan serta kapan tenaga mesin tak diteruskan, hal semacam ini dikerjakan oleh kaki kita waktu mencapai atau melepas System Kopling

Kopling (clutch) terdapat diantara motor serta transmisi, serta berperan untuk menghubungkan serta putuskan putaran motor ke transmisi.

Kriteria yang perlu dipunyai oleh kopling yaitu :
1). Mesti bisa menghubungan putaran motor ke transmisi
dengan lembut.
2). Komponen-komponen Kopling
Kopling atau Clutch yakni peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengna poros roda gigi transmisi. Manfaat kopling yaitu untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi, lalu transmisi merubah tingkat kecepatan sesuai sama dengan yang di idamkan.
3). manfaat kopling

Dalam situasi normal, di mana manfaat kopling bekerja dengan terbaik, demikian pengemudi menghimpit pedal kopling, tenaga mesin bakal di putuskan, lantaran waktu pedal ditekan maka style tekan itu bakal mendorong release fork serta release fork bakal mendorong release bearing. Hingga release bearing bakal mengangkat mendorong pegas diaprahgma serta preaseure palte, clutch disc bakal lepas dengan flywheel. Serentak roda gigi bakal lepas dari dampak putaran mesin. Keadaan inilah yang sangat mungkin terjadinya perpindahan roda gigi pada transmisi. Saat ini ada beragam type kopling salah satunya kopling gesek, kopling fluida, koping sentrifugal, serta kopling magnet. Namun yang paling banyak dipakai oleh kendaraan bermotor yaitu type koping gesek jenis plat serta kopling gesek jenis kerucut, di mana untuk kopling jenis plat ini dapat berbentuk kopling plat basah serta kopling plat kering. Kopling plat basah yaitu kopling yang plat-platnya di rendam dengan minyak pelumas. Umumnya kopling type ini dipakai oleh sepeda motor. Sedang type kopling plat kering yaitu type kopling yang plat-platnya tak di rendam oleh minyak pelumas. Biasanya dipakai pada mobil serta sepeda motor tua buatan Eropa. keunggulan dari kopling plat basah yaitu tak cepat aus, lantaran dilumasi oleh oli. Kekurangannya, kendala geseknya kurang hingga tak dapat memindahkan tenaga Manfaat kopling yaitu untuk penghubung serta pemutus tenaga putaran mesin dari poros engkol. Biasanya kopling terdapat di antara primer reduksi serta transmisi, atau untuk jenis lain yang terdapat pada poros engkol.

Jenis kopling yang dipakai pada sepeda motor, yaitu :


Kopling Automatis adalah kopling yang bekerja menurut style sentrifugal, yang menghubungkan dan putuskan tenaga mesin, bergantung dari putaran mesin itu sendiri. Susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling automatis bakal meletakkan kanvas kopling serta pelat kopling merenggang,

Hal semacam ini tidak sama dengan susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling manual, di mana pada pelat serta kanvas kapling merapat. Pada waktu mesin putaran lambat, kanvas serta pelat kopling tetap merenggang hingga putaran mesin dari poros engkol belum terhubung menuju transmisi serta roda belakang.

Pada waktu putaran mesin jadi tambah style sentrifugal mulai bekerja pada pemberat kopling hingga pemberat bergerak menghimpit pelat kopling,

Hal semacam ini bakal membuahkan merapatnya kanvas serta pelat kopling hingga putaran mesin serta poros engkol bakal dikaitkan ke transmisi serta bakal dilanjutkan ke roda belakang.

Pengertian Kopling Manual adalah kopling yang bekerja dengan cara manual yang dikerjakan oleh ingindara itu sendiri. Mekanisme kerja kopling yaitu putaran mesin dari poros engkol yang bakal diteruskan oleh kopling menuju transmisi serta ke roda belakang, pada waktu kanvas kopling serta pelat kopling merapat, walau demikian putaran mcsin dari poros engkol menuju ke transmisi bakal terputus bila kanvas serta pelat kopling merenggang.

Kopling yaitu alat yang penuhi kriteria.


a. Bisa melanjutkan putaran poros engkol ke transmisi (persneling).
b. Bisa melepas jalinan pada poros engkol mesin dengan transmisi.
c. Bisa melanjutkan rotasi poros engkol mesin ke transmisi dengan cara berangsur-angsur dengan cara rata tiada hentakan.

Bagian-bagian kopling

Kopling terdiri atas dua sisi utama :
a. Rumah kopling (Clutch outer drum) yang turut bérputar dengan poros engkol digerekkan oleh roda gigi pada ujung poros engkol).
b. Pusat kopling (Clutch center) yang dipasang pada ujung poros utama persneling.

Untuk melanjutkan rotasi rumah kopling ke pusat kopling digunakan susunan pelat-pelat gesek (kanvas kopling) serta pelat-pelat baja yang sama-sama bersentuhan.
a. Pelat-pelat gesek (friction plates) ikuti gerak memutar rumah kopling (lidah-lidahnya berkenaan pada rumah kopling).

b. Pelat—pelat baja ikuti gerak memutar pusat kopling (lidah-lidahnya berkenaan pada spie-spie pada pusat kopling).

Supaya pelat-pelat gesek serta pelat-pelat berputar berbarengan untuk satu kesatuan maka ditekan berbarengan oleh pegas-pegas yang kuat. Dengan kurangi desakan pegas arah susunan pelat-pelat gesek atau pelat baja, maka kopling bakal slip, adalah rotasi rumah kopling tak diteruskan semuanya ke pusat kopling. Apabila desakan pegas atas susunan pelat-pelat gosok/pelat-pelat baja ditiadakan, maka pusat kopling tak digerakkan lagi 0Ieh rotasi rumah kopling. Alat yang mengatur besarnya desakan pegas atas susunan pelat-pelat gesek pelat-pelat baja yaitu pelat pengangkat (lifter plate) yang digerakkan oleh handel kopling.

Prinsip Cara Kerja Sistem Kopling


kopling primer berperan untuk melayani start jalan, sedang kopling sekunder berperan untuk melayani pengoperan gigi.

a. Kopling Primer

Terdapat pada poros engkol yang terbagi dalam :
(1) Outer clutch berputar bebas pada poros engkol,
(2) Inner clutch berputar mcngikuti putaran poros engkol.
(3) Drive plate (bandul) berbentuk kanvas yang terdapat pada inner club, yang berperan untuk pcnghubung putaran dari Inner Club ke Outer Clutch.

(4) Drive gear untuk penghubung cuter clutch dengan kopling sekunder Langkah kerja kopling primerPada waktu mesin berputar stasioner (lambat), drive plat (bandul)
belum bekerja, hingga outer clutch praktis belum berperan.
terbaik pada waktu memindah gigi perseneling maupun pada waktu start
jalan.

Info :
1. Roda gigi penggerak primer
2. Roda gigi yang digerakkan primer
3. Rumah kopling
4. Pelat pendorong
5. Rol pemberat
6. Pelat kopling
7. Bush kopling
8. Penutup
9. Pelat gesek
10. Rol pemberat
11. Poros utama
12. Penahan rol
13. Poros engkol

Dengan cara komplit serta umum langkah kerja kopling bisa dijelaskan
seperti berikut :
1. Handel kapling ditekan.

2. Tangkai pelepas kopling (clutch release lever) tertarik oleh kabel kopling.
3. Nok pelepas (release cam) pada poros tangkai pelepas kopling mendorong batang pengangkat (lifter rod).

4. Batang pengangkat menghimpit pengangkat (lifter pin) serta pelat pengangkat (lifter plate).
5. Pelat pengangkat menghimpit pegas-pegas kopling serta mendorong piringan penekan (pressure plate) hingga menjauhi susunan pelat-pelat gesek kopling.
6. Terjadi jarak renggang kecil di antara pelat-pelat gesek serta pelat-pelat baja hingga rotasi rumah kopling tak diterusan lagi ke pusat kopling. Dengan melepas handel kopling dengan cara perlahan maka style tekan pegas sedikit untuk sedikit diteruskan kembali pada susunan pelat-pelat gesek kopling, yang pada akhimya pelat-pelat baja beserta pusat kopling mulai ikuti rotasi rumah kopling dengan cara rata.

Mekanisme kopling terdiri atas :

1. Gigi primer kopling,
2. Rumah kopling
3. Kanvas kopling (pelat gesek),
4· Pelaf kopling.
5. Pegas kepling,
6. Pengikat kopling (baut),
7. Kopling tengah
8. Pelat tutup serta pelat basic,
9. Klep penjamin, dan
10. Batang penekan.

Kopling Mekanik


Langkah kerja kopling mekanik adalah jika mesin dihidupkan serta perseneling masuk, sedang handel kopling tak ditarik maka kopling bekerja menghubungkan putaran mesin hingga ke poros primer persneling,
putaran poros engkol diteruskan oleh roda gigi utama (primer) poros engkol ke roda gigi utama (primer) kopling, hingga rumah kopling dengan kanvasnya turut berputar. Lantaran kanvas kopling dijepit oleh pelat kopling yang memperoleh desakan serta pegas-pegasnya, maka putaran kanvas diteruskan ke pelat-pelat itu, setelah itu putaran ini diteruskan ke poros primer persneling. Jika pada waktu mesin hidup serta persnelmg masuk, handel kopling ditarik maka tali kopling menarik tuas serta tuas mendorong pen pendorong. Pen pendorong menghimpit tutup pegas hingga pelat basic mundur, karena pelat-pelat penjepit kanvas kopling merenggang, yang bermakna juga putaran mesin cuma hingga ke kanvas kopling saja, hal inilah yang dimaksud kopling memutus jalinan.

Pada waktu kendaraan tengah jalan sistem perpindahan gigi adalah
seperti berikut :
Pada saat pedal persneling (transmisi) ditekan, handel kopling akan
memutar kam pengangkat (lifter cam), hingga posisi peluru memiliki
penahan bola yang merapat dengan kam pengangkat dan bakal beralih tempat.

Hal semacam ini bakal mengakibatkan kam pengangkat terdorong dan
setelah itu bakal mendorong kopling luar (outer cluth), akibat
terdorong outer cluth maka posisi pelat kopling yang tengah ditekan
0leh pemberat bergerak menjauhinya, hal semacam ini bakal menyebabkan pelat
serta kanvas kopling kembali merenggang hingga pengoperan gigi
dengan gampang bisa dikerjakan, lantaran disebabkan merenggangnya kanvas
serta pelat kopling, hal semacam ini bermakna putaran poros engkol ke transmisi
terputus.

Kopling Otomatis

Kopling automatis adalah kopling yang langkah bekerjanya ditata oleh
tinggi atau rendahnya putaran mesin itu sendiri, seperti dengan
kopling mekanik, maka kopling automatis juga ada yang berkedudukan
pada poros engkol serta ada juga yang berkedudukan pada poros primer
persneling. Tentang mekanisme atau peralatan koplingnya tidak
tidak sama dengan peralatan yang ada pada kopling mekanik, hanya
tak ada perlengkapan handel serta untuk penggantinya pada
kopling atomatis ini ada alat spesial yang bekerja dengan cara otomatis
juga, yaitu :
(1) Automatis kopling, yang ada pada kopling tengah, untuk
kopling yang berkedudukan pada pores engkol.
(2) Rol pemberat yang bermanfaat untuk menghimpit pelat basic saat digas.
(3) Pegas kopling yang lemah, bermanfaat pada saat mesin hidup lambat, koplingnya bisa netral,
(4) Pegas pengembali untuk kembalikan dengan cepat dari posisi
masuk ke posisi netral, apabila mesin hidup dalam putaran tinggi jadi rendah.

Kopling Ganda

Kopling ganda terbagi dalam kopling primer yang bekerja berdasarkan
style sentrifugal serta kopling sekunder yang bekerja secara
konvensional atau dimaksud juga garpu kopling (shift clutch).
Bagian-bagian kopling primer yaitu :
(1) Clutch Shoe (sepatu kopling) yang berputur ikuti poros engkol.
(2) Clutch Drum (rumah kopling) yang terkait dengan kopling konvensianal.

Mekanisme kerja kopling ganda, yakni :

Pada waktu poros engkol putaran rendah (mesin putaran lambat),
clutch shoe (sepatu kopling) belum mengembang, lantaran tetap tertahan
oleh pegas, karena clutch drum (silinder kopling) -pun belum
berputar, pada waktu putaran mesin mulai meninggi maka sepatu kopling
mulai mengembang lantaran ada style snritrifugal. Dengan mengembangnya sepatu kopling maka silinder kopling bakal ditekan (seperti sistem rem tromol) serta berputar. Setelah itu bakal melanjutkan putarannya ke kopling sekunder serta kopling sekunder bakal lakukan prosesnya Seperti kopling kanvensional yang sudah diterangkan,
kopling ganda dipakai pada sepeda motor Honda dengan maksud untuk
menangani hentakan pada waktu sepeda motor masuk gigi satu pada awal start. bisa memindahkan tenaga motor ke transmisi tanpa
slip.
3). Mesti bisa putuskan jalinan dengan prima serta cepat. Sumber


Blog, Updated at: 5:24 PM
Powered by Blogger.