Cara Membuat Box Subwoofer

Posted by

Tips Panduan Cara Membuat Box Subwoofer Mobil
Tips Panduan Cara Membuat Box Subwoofer Mobil

1 - Konstruksi Box Subwoofer

Maksud saya yaitu untuk melindungi ukuran kotak subwoofer kecil mungkin. Dari hasil pengalaman tunjukkan bahwasanya box subwoofer dengan ukuran seputar 50 liter Volume internal yang bakal mengakibatkan keperluan daya amplifier bisa di terima. Melindungi box kecil juga bikin lebih gampang untuk bangun suatu box subwoofer yang benar-benar kaku serta untuk meminimalkan output nada palsu dari panel getaran.

Seluruhnya sendi yang dilem serta diperkuat dengan sekrup sheetrock. Sopir screwed ke panel depan dengan gasket karet (neoprene cuaca stripping tape) dibawah flange nya. box betul-betul disegel terkecuali untuk lubang pin kecil (1 mm diameter) untuk menyamakan internal desakan statis eksternal serta untuk menghindar menggusur kerucut dari posisi istirahat normal. Tak ada isian yang dipakai, untuk hindari kerugian gesekan nonlinear dalam masalah bergerak bahan dengan kerucut perpindahan. Penurunan frekuensi resonansi box isian yang dapat berikan tak utama, saat tanggapan cut- off dikontrol dengan cara elektronik. Pertama resonansi rongga angin internal berlangsung saat 20, 5 " panjang sama juga dengan 1/2 panjang gelombang. Ini pada 330 Hz serta jauh diluar jangkauan frekuensi yang menarik. Volume internal box yaitu seputar 47 liter. Tingkat desakan nada dalam box dapat benar-benar tinggi, namun distorsi penambahan lantaran style non - linear dari angin didalam pada kerucut kecil dibanding dengan distorsi motor pengemudi.
Saya memakai empat diri -stick kaki karet di bagian bawah box untuk menghindar rusaknya lantai kayu serta untuk hindari mainan kerincingan.

2 - Driver and Jenis box Subwoofer Mobil

Driver and Jenis box Subwoofer Mobil
Ini bakal jadi cukup layak untuk bangun subwoofer cuma dengan me-mount driver diambil dalam box ukuran yang bisa di terima serta mengukur tanggapan frekuensi diluar ruangan dengan mikrofon pada 0, 5 " di depan topi debu. Dari info ini satu maka dapat membuat suatu equalizer untuk memperoleh kurva tanggapan yang di idamkan.

Ini bakal jadi sistem yang lebih berhasil, bila Anda mempunyai pengetahuan terlebih dulu perihal apa kemampuan yang diinginkan dari pengemudi serta gabungan box apabila Anda lalu mengukur woofer usai untuk lihat apakah tanggapan yaitu seperti yang diprediksikan. Hal semacam ini membutuhkan jenis. Dari jenis Anda juga mesti dapat memperkirakan impedansi bahwasanya amplifier lihat, serta tamasya kerucut untuk tegangan mengemudi diberikan, untuk mengkalkulasi konsumsi daya untuk manfaat dari frekuensi serta tingkat SPL. Hal semacam ini sangat mungkin ketentuan perihal penentuan driver serta ukuran box.

Jenis listrik memakai style - arus (kecepatan - tegangan) analogi pada impedansi mekanik serta listrik. Konversi dari impedansi akustik (p/q) ke impedansi mekanik (F/v), yang melibatkan Sd, serta konversi dari mekanik untuk impedansi listrik (V/I), dengan memakai Bl, diterangkan dalam buku-buku perihal elektro - akustik. Jenis impedansi listrik tampak seperti rangkaian tersebut dengan nilai-nilai komponen datang dari XLS 830. 500 spesifikasi pengemudi serta box 47 liter. Tengok ditutup - box1. xls untuk perhitungan nilai-nilai.

Rangkaian bisa disederhanakan dengan memadukan dua induktor paralel yang mewakili sopir serta box kepatuhan, serta dengan memadukan resistor untuk kerugian kental dalam driver serta box. Reaktansi lantaran Le bisa diabaikan pada frekuensi rendah dibanding dengan Re. Diluar itu, power amplifier resistansi output serta kabel speaker resistensi Rs tak penting apabila dibanding dengan Re. Komponen reaktif Mma kompleks akustik impedansi radiasi benar-benar kecil dibanding dengan Mms massa bergerak dari pengemudi. Juga, reaktansi kapasitif yang sesuai sama yaitu jauh semakin besar dari resistansi radiasi Ra. Karena, keduanya bakal diabaikan. Butuh dicatat bahwasanya daya listrik yang dihamburkan di Ra yaitu sama juga dengan daya akustik terpancar untuk penguat tegangan diberikan Vs. Dari daya yang dipancarkan gampang untuk memastikan desakan nada pada jarak spesifik di area bebas, lewat intensitas nada serta area bebas impedansi. Desakan nada dapat juga datang dari kerucut kecepatan v, yang sepadan dengan tegangan V2. Tingkah laku sirkuit paling gampang dianalisis dengan program seperti CircuitMaker.

Jenis diatas karena disederhanakan seperti berikut :


Penurunan rumus (1) serta (2) dari diagram sirkuit memerlukan sedikit usaha memakai bilangan kompleks aljabar. Pada resonansi, f = f0, sirkuit disederhanakan jadi dua resistor, Re serta R, yang sangat mungkin untuk memastikan jalinan pada V2 tegangan serta kecepatan v Seluruhnya jumlah itu dihitung dalam spreadsheet. Derivasi diatas terlebih diberikan untuk pemahaman yang tambah baik inner spreadsheet serta pemakaian serta batas jenis.

3 - Hasil Spreadsheet

Maksud dari spreadsheet ditutup- box1. xls yaitu untuk pelajari keperluan daya dari driver spesifik dalam box ukuran spesifik. Hal semacam ini diibaratkan bahwasanya pengemudi mempunyai kekuatan kerucut pesiar yang cukup untuk berikan tingkat desakan nada yang di idamkan pada frekuensi paling rendah dari jangkauan operasi yang ditujukan. The optimal didapat SPL bisa ditetapkan dari spl_max1. xls spreadsheet, namun juga dihitung dengan' ditutup - box1 '. Bagian-bagian yang tidak sama dari spreadsheet bakal dimaksud dengan tab halaman mereka..., yang ada dibagian bawah monitor ditutup - box1. xls. Click pada mereka.

Instal Excel 97/2000 Viewer di computer Anda, bila Anda tak mempunyai akses ke program spreadsheet Microsoft Excel.


  1. Spec itu - Blok 1 mempunyai spesifikasi XLS 830. 500. Anda bisa memasukkan parameter driver yang tidak sama, namun cuma merubah angka wajahnya tidak tipis. Merubah nomer lain bakal meniadakan rumus yang mendasari. Cermati bahwasanya bila Anda memasukkan VAS bakal mengkalkulasi cms, dalam hal spesifikasi ini tak ada.
  2. Blok 2 mempunyai data box. box Qb ditata ke nilai yang tinggi lantaran tak ada isian.
  3. Block 3 berikan parameter pengemudi dihitung saat dipasang didalam box.
  4. Blok 4 berikan nilai-nilai untuk komponen listrik dari driver serta box jenis yang disederhanakan.
  5. Spesifikasi tanggapan tujuan dalam blok 5 bakal butuh lalu untuk memastikan pemerataan yang dibutuhkan berbarengan dengan tiang serta 0 lokasi yang sudah dihitung untuk jenis dalam 3a, 3b serta equalizer di blok 6.

Hasil perhitungan paling baik dilihat dalam format grafis.

Vp & Ip - Kurva tunjukkan arus puncak serta puncak tegangan yang dibutuhkan dari power amplifier mobil untuk memperoleh Xmax pada frekuensi yang tidak sama. Waktu ini mempunyai minimal pada resonansi pengemudi. Pada frekuensi rendah penguat condong alami kliping sebelum Xmax terwujud. Kurangi Vb hingga 23 liter, seperti saat sopir ke-2 ditambahkan di ujung lain dari box diatas, serta Anda lihat bagaimana waktu sopir masing-masing meningkat jadi nilai realistis. Pada frekuensi resonansi diatas amplifier kemungkinan untuk klip pada tegangan suplai. Bila pengemudi mempunyai motor kurang kuat dengan Bl = 10 N/A, sekali lagi keinginan waktu ini pada penguat bakal membatasi maksimum kerucut pesiar didapat.

Kemampuan & SPL - The SPL pada 1 m meningkat pada 12 dB/Oktober untuk kunjungan tingkat konstan Xmax. Free- space diibaratkan. Tengok Perkiraan untuk SPL di suatu ruangan. Tiga kurva daya yang bakal dipertunjukkan. Yang tengah yaitu product dari rms arus serta tegangan rms di VA. Dua kurva daya yang lain tunjukkan 8 ohm power rating bahwasanya amplifier mesti mempunyai, dalam rencana untuk berikan arus puncak atau puncak tegangan yang dibutuhkan, yang dibutuhkan untuk meraih Xmax. Terang bahwasanya Xmax susah untuk meraih diatas frekuensi resonansi dengan amplifier yang khas. Lantaran SPl telah tinggi pada frekuensi ini tak ada keperluan untuk kunjungan besar itu.

SPL@2. 83 V - Grafik tunjukkan tanggapan frekuensi SPL dari driver dipasang dalam box untuk tegangan drive konstan 2, 83 V, yang bakal sesuai sama dengan 1 W jadi 8 ohm. Impedansi beban penguat sesungguhnya tidak sama seutuhnya dari 8 ohm, namun itu tidak jadi masalah untuk tiap-tiap dirancang dengan baik amplifier solid-state. Hanya satu batas yaitu output penguat kekuatan waktu ini serta ayunan tegangan output maksimum. Respon tunjukkan roll- off yang luas, seperti yang diinginkan dari rendah Qt = 0, 4. Woofer terang butuh pemerataan untuk jadi bermanfaat. Bila Anda memasukkan Bl = 10 N/A untuk pengemudi, maka tanggapan tunjukkan tingkah laku highpass lebih khas, namun sensitivitas tegangan menyusut lantaran motor mempunyai kemampuan kurang.

SPL & Ip @ 10Vp - Tahu output maksimum arus serta tegangan ayunan daya penguat grafik ini sangat mungkin untuk memperkirakan SPL maksimum yang bisa didapat saat memakainya. The SPL bisa, sudah pasti, tak melebihi pesiar SPL terbatas dari Vp & Ip tab.

Untuk misal, LM3886 power IC dengan Vp = 30V serta Ip = 11. 5A bakal berikan tegangan terbatas SPL yang 20 log (30V/10V) = 9, 5 dB lebih tinggi dari pada yang dipertunjukkan serta memerlukan 3 kali arus diperlihatkan dalam grafik. Ini bakal ada dalam spesifikasi dari LM3886, namun apakah 95, 5 dB area bebas SPL pada 1 m serta 40 Hz telah cukup, bergantung pada aplikasi. Menjembatani dua piranti bakal menggandakan kekuatan tegangan ayunan, namun saat ini mempunyai cukup output puncak waktu ini, terkecuali dua IC yang terhubung dengan cara paralel. Paralel seperti/dijembatani susunan IC mesti hati-hati dirancang, untuk mendistribusikan arus yang ditarik seragam pada empat piranti.

Max SPL @ Vpeak - Power amplifier yang bakal dipakai bisa ditetapkan di Blok 7 serta tegangan puncak yang ada dihitung. Untuk tegangan puncak ini optimal didapat SPL diplot. Umumnya, pada frekuensi rendah SPL yaitu kunjungan terbatas serta Vpeak melebihi apa yang dibutuhkan. Pada frekuensi tinggi SPL jadi tegangan terbatas, seandainya penguat dapat berikan yang dibutuhkan arus puncak.

Bila driver yang sama dipakai dalam baffle terbuka dengan panjang lintasan D untuk membuat radiator dipole, maka optimal didapat SPL ditetapkan dari Fequal di Blok 8. Yakinkan untuk mengatur volume box internal Blok 2 ke nilai jauh semakin besar dari pada VAS pengemudi.
Sumber


Blog, Updated at: 10:16 PM
Powered by Blogger.