Ulasan Tentang Mobil Listrik

Posted by

Mobil Listrik di Dunia - Indonesia

Pengertian Mobil listrik mobil listrik secara garis besar Adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, dengan memakai daya listrik yang disimpan dalamnya. Mobil listrik benar-benar popular pada akhir era ke-19 serta awal era ke-20, namun lalu popularitasnya meredup lantaran teknologi mesin pembakaran dalam yang makin maju serta harga kendaraan memiliki bahan bakar bensin yang makin murah. Krisis daya pada th. 1970-an serta 1980-an sempat menghidupkan sedikit ketertarikan pada mobil-mobil listrik, namun baru pada th. 2000-an lah beberapa produsen kendaraan baru menyimpan perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik. Hal semacam ini dikarenakan lantaran harga minyak yang melambung tinggi pada th. 2000-an dan banyak orang-orang dunia yang telah sadar bakal buruknya efek emisi gas rumah kaca.

Kelebihan dan kekurangan Mobil Listrik

Kelebihan dan kekurangan Mobil Listrik  Mobil listrik mempunyai sebagian keunggulan yang mungkin bila dibanding dengan mobil bermesin pembakaran dalam umum.
Mobil listrik mempunyai sebagian keunggulan yang mungkin bila dibanding dengan mobil bermesin pembakaran dalam umum.

Kelebihan:


Yang paling utama yaitu mobil listrik tak membuahkan emisi kendaraan bermotor.
Mobil type ini dapat kurangi emisi gas rumah kaca lantaran tak memerlukan bahan bakar fosil untuk penggerak intinya.

Kekurangan / kelemahan:

Meskipun demikian mobil juga listrik juga memiliki kerugiannya, kerugian ini lebih ke ekonomi, mengapa? lantaran kita ketahui bahwasanya di Indonesia ini tengah berkembang dengan cepat perkembangan dunia otomotif, biasanya yang tetap memakai mesin pembakaran dalam, jika Indonesia berpindah ke mobil listrik maka dapat dipikirkan kerugian ekonomi yang disebabkan, diluar itu dapat juga menyingkirkan lapangan kerja lantaran mobil listrik tak memakai alat-alat yang banyak seperti pada mesin pembakaran dalam (mobil waktu ini), mobil listrik juga tak memerlukan perawatan yang banyak. Untuk misal, mobil listrik tak perlu lakukan tune up serta ubah oli, sedang umumnya bengkel mobil beberapa besar pendapatannya datang dari hal itu, hal semacam itu bikin bengkel yg tidak bisa sesuaikan dengan perubahan masa maka bakal alami kerugian juga bakal gulung tikar yang mengakibatkan menyusutnya lapangan pekerjaan serta meningkatnya pengangguran. jadi saya pikir perubahan mobil listrik di Indonesia bakal alami perubahan yang lambat lantaran Indonesia perubahan dunia otomotif nya berkembang benar-benar cepat, pastinya Indonesia tak lagi berpindah ke mobil listrik dalam periode waktu dekat ini lantaran tetap memerlukan perkembangan ekonomi yang besar untuk memajukan ekonomi Indonesia

Pemakaian mobil listrik dengan cara meluas mempunyai banyak kendala serta kekurangan. Hingga pada th. 2011, harga mobil listrik tetap tambah lebih mahal apabila dibanding dengan mobil bermesin pembakaran dalam umum serta kendaraan listrik hibrida lantaran harga baterai ion litium yang mahal. Walau demikian, waktu ini harga baterai mulai turun lantaran mulai di produksi dalam jumlah besar. Aspek yang lain yang menghalangi tumbuhnya pemakaian mobil listrik yaitu tetap sekurang-kurangnya stasiun pengisian untuk mobil listrik, ditambah lagi ketakutan ingindara bakal habisnya isi baterai mobil sebelum saat mereka tiba di tujuan. Sebagian pemerintah di sebagian negara didunia sudah menerbitkan sebagian insentif serta ketentuan untuk menanggulangi persoalan ini, yang maksudnya untuk menambah penjualan mobil listrik, bertujuan sebagai biaya pengembangan teknologi mobil listrik hingga harga baterai serta komponen mobil dapat makin efektif. Pemerintah Amerika Serikat sudah berikan dana hibah sebesar 2,4 miliar dollar untuk pengembangan mobil listrik serta baterai. Pemerintah China mengumum kan bahwasanya mereka bakal sediakan dana sebesar US$15 milyar untuk mengawali industri mobil listrik di negaranya. Sebagian pemerintah lokal serta nasional di banyak negara sudah menerbitkan kredit pajak, subsidi, serta banyak insentif yang lain untuk kurangi harga mobil listrik serta mobil plug-in.

Histori mobil listrik

Histori mobil listrik  Mobil listrik popular pada pertengahan era ke-19 serta awal era ke-20, saat listrik tetap diambil untuk penggerak utama pada kendaraan. Hal semacam ini dikarenakan lantaran mobil listrik tawarkan kenyamanan serta pengoperasian yang gampang yg tidak bisa dicapai oleh kendaraan-kendaraan bermesin bensin waktu itu.
Mobil listrik popular pada pertengahan era ke-19 serta awal era ke-20, saat listrik tetap diambil untuk penggerak utama pada kendaraan. Hal semacam ini dikarenakan lantaran mobil listrik tawarkan kenyamanan serta pengoperasian yang gampang yg tidak bisa dicapai oleh kendaraan-kendaraan bermesin bensin waktu itu. Perubahan teknologi pembakaran dalam yang makin maju, terlebih di starter listriknya, makin lama kurangi popularitas mobil listrik. Hal semacam ini ditambah dengan kekuatan mobil bensin bisa meniti jarak yang lebih jauh, pengisiasn bensin yang lebih cepat, serta infrastruktur pengisian makin jadi tambah, ditambah dengan system produksi massal yang diaplikasikan oleh Ford Motor Company, bikin harga mobil bensin turun mencolok hingga 1/2 harga mobil listrik. Mobil listrik juga jadi makin tak popular, serta dengan cara keseluruhan menghilang dari market, terlebih di market gemuk seperti Amerika Serikat, pada th. 1930-an. Bagaimanapun juga, pada tahun-tahun akhir-akhir ini, makin beberapa orang yang sadar bakal efek lingkungan yang diakibatkan oleh mobil memiliki bahan bakar bensin, ditambah harga bensin yang mahal serta selalu naik, bikin mobil listrik kembali diminati. Mobil listrik tambah lebih ramah lingkungan dari mobil bensin, cost perawatan lebih murah, ditambah teknologi baterai yang makin maju. Kekurangannya yaitu harga mobil listrik waktu ini tetap mahal. Mobil listrik waktu ini mulai memiliki lagi popularitasnya di sebagian negara didunia sesudah demikian lama menghilang.

1890-an hingga 1900-an

Sebelum saat masanya mesin pembakaran dalam, mobil listrik sudah memegang banyak rekor kecepatan serta jarak. Di antara seluruhnya rekor ini, satu diantara yang paling populer yaitu pemecahan rekor kecepatan 100 km/j (62 mph) oleh Camille Jenatzy pada tanggal 29 April 1899. Ia memakai kendaraannya yang berupa roket Jamais Contente, dengan kecepatan optimal 10. 588 km/j (6, 579 mph). Sebelum saat th. 1920-an, mobil listrik berkompetisi ketat dengan mobil memiliki bahan bakar bensin.

Diawali pada th. 1896 untuk menangani persoalan infrastruktur pengisian yang kurang, suatu layanan service pergantian baterai diawali oleh perusahaan Hartford Electric Light Company untuk truk listrik. Yang memiliki kendaraan beli kendaraannya dari General Electric Company (GVC) tiada baterai serta beli baterainya di Hartford Electric dengan system baterai yang bisa diganti-ganti. Yang memiliki kendaraan bakal dikenai cost servis bulanan serta cost perjalanan per milnya untuk cost perawatan truknya. Layanan service ini ada pada th. 1910 hingga 1924 serta meniti keseluruhan jarak seputar 6 juta mil. Pada th. 1917, suatu perusahaan di Chicago menggerakkan servis service sama untuk yang memiliki mobil Milburn Light Electric yang juga beli kendaraannya tiada baterainya.

Pada th. 1897, mobil listrik mulai digunakan untuk kendaraan komersial di Amerika Serikat untuk armada taksi listrik New York City, taksi ini di buat oleh Electric Carriage serta Wagon Company Philadelphia. Mobil-mobil listrik di Amerika Serikat di produksi oleh Anthony Electric, Baker, Columbia, Anderson, Fritchle, Studebaker, Riker, Milburn, serta sebagian perusahaan yang lain dimuka era ke-20.

Walau mempunyai kecepatan yang rendah, namun mobil listrik mempunyai banyak keunggulan dibanding pesaingnya dimuka 1900-an. Mobil listrik tak menyebabkan getaran, mobil listrik juga tak keluarkan gas buang yang berbau, serta tak berisik apabila dibanding dengan mobil bensin. Diluar itu, mobil listrik tak membutuhkan perpindahan gigi, di mana pada mobil bensin hal inilah sebagai penghambat besar dalam mengemudikannya. Mobil listrik pada saat itu juga dipakai oleh beberapa orang kaya yang memakainya untuk mobil kota, hingga terbatasnya jarak tidaklah kendala besar. Keunggulan yang lain, mobil listrik juga tak memerlukan kerja keras untuk menyalakannya, tak seperti mobil bensin yang memerlukan tuas tangan untuk menyalakan mobilnya. Mobil listrik pada saat itu dikira untuk mobil yang pas untuk pengemudi wanita lantaran keringanan dalam mengoperasikannya.

Pada th. 1911, New York Times menyebutkan bahwasanya mobil listrik yaitu kendaraan " ideal " lantaran lebih bersih, lebih senyap, serta lebih irit dari pada mobil bensin.

1990-an - hingga saat ini


Krisis daya pada th. 1970-an serta 1980-an menyebabkan kembalinya ketertarikan orang-orang bakal mobil listrik. Di tahun 90'n, CARB mulai menghimpit beberapa pabrikan otomotif untuk mulai bikin mobil yang efektif dalam baqhan bakar, rendah emisi, dengan maksud pada akhirnya yaitu bikin kendaraan emisi 0 seperti kendaraan listrik. Untuk tanggapan, sebagian pabrikan coba bikin mobil listrik mereka sendiri, sebagai contoh Chrysler TEVan, GM EV1,truk pikap Ford Ranger EV, pikap S10 EV, miniwagon Altra EV, hatchback Honda EV Plus, serta Toyota RAV4 EV. Mobil listik ini pada akhirnya ditarik peredarannya di pasar Amerika Serikat.
Nissan Leaf pertama yang diantarkan ke customer di A. S. di jln San Francisco

Resesi ekonomi global pada akhir th. 2000-an bikin banyak produsen otomotif dunia meninggalkan mobil-mobil SUV yang besar serta boros, serta berpindah ke mobil-mobil kecil, hibrida, serta mobil listrik. Perusahaan otomotif asal California, Tesla Motors, mengawali pengembangan Tesla Roadster pada th. 2004, serta lalu di luncurkan ke umum pada th. 2008. Hingga bln. Januari 2011, Tesla sudah sukses jual 1. 500 unit Roadster di 31 negara. Mitsubishi i MiEV di luncurkan untuk pemakaian armada di Jepang bln. Juli 2009, serta mulai di jual pada perorangan pada bln. April 2010. i Miev mulai di jual di Hong Kong bln. Mei 2010, serta Australia mulai Juli 2010.

Penjualan Nissan Leaf di Jepang serta Amerika Serikat diawali pada bln. Desember 2010, walau dimuka peluncurannya cuma ada di sebagian lokasi saja dengan jumlah yang terbatas juga. Hingga bln. September 2011, mobil-mobil listrik yang di jual di market yaitu REVAi, Buddy, Citroën C1 ev'ie, Transit Connect Electric, Mercedes-Benz Vito E-Cell, Smart ED, serta Wheego Whip LiFe.

Antara mobil listrik dengan mesin pembakaran dalam

Mobil listrik tucuxi Saat ini, tujuan terutama dari kendaraan listrik yaitu menangani persoalan di bagian pengembangan, sampai produksi hingga operasinya yang tinggi apabila dibanding dengan mobil bermesin pembakaran dalam sejenis.

1. Harga Mobil Listrik

1. Harga Mobil Listrik  Penjualan Mitsubishi i MiEV ke umum diawali di Jepang pada bln. April 2010, Hongkong pada bln. Mei 2010, serta Australia pada bln. Juli 2010.
Penjualan Mitsubishi i MiEV ke umum diawali di Jepang pada bln. April 2010, Hongkong pada bln. Mei 2010, serta Australia pada bln. Juli 2010.

Mobil listrik biasanya lebih mahal dari pada mobil bermesin pembakaran dalam. Argumen intinya yaitu mahalnya harga baterai. Beberapa konsumen mobil di AS serta Inggris tampak tidak ingin untuk keluarkan uang mereka semakin banyak untuk mobil listrik. Hal semacam ini juga mengakibatkan tersendatnya transisi dari mobil bensin ke mobil listrik. Suatu survey yang dikerjakan oleh Nielsen untuk Financial Times tunjukkan bahwasanya 65% orang Amerika serta 76% orang Inggris tidak ingin keluarkan uang semakin banyak dari apa yang mereka mengeluarkan untuk mobil bensin. Suatu laporan oleh J. D. Power and Associates juga mengklaim bahwasanya 50% konsumen mobil di Amerika tidak ingin beli kendaraan hijau bila harga nya 5. 000 dolar lebih mahal dari kendaraan bensin sejenis, walau mereka juga mencemaskan lingkungan.

Perusahaan mobil listrik Tesla Motors memakai teknologi baterai computer jinjing untuk baterai yang mereka pakai di mobil listrik mereka. Baterai ini 3 hingga 4 kali lebih murah apabila dibanding dengan baterai mobil listrik umum yang digunakan perusahaan mobil yang lain. Baterai konvensional menggunakan 700-800 dolar AS per kilowatt jam, sedang baterai yang memakai sel dari computer jinjing cuma 200 dolar AS saja. Selanjutnya, hal semacam ini sangat mungkin turunnya harga mobil listrik yang memakai teknologi dari Tesla seperti Toyota RAV4 EV, Smart ED, serta Jenis X. New York Times sendiri mengestimasi harga baterai berkisar pada US$400 hingga US$500 per kilowatt-jam.

Waktu ini, Nissan LEAF yaitu mobil listrik paling murah di Amerika Serikat, dengan harga awal yaitu US$32, 780 yang lalu menyusut jadi US$25, 280 sesudah dikurangi pajak federal sebesar US$7, 500. Harga mobil ini lalu turun lagi di California jadi US$20, 280 sesudah pemerintah negara sisi itu berikan pemotongan pajak sebesar US$5, 000. Pemotongan pajak sama juga diberikan di sebagian daerah yang lain.

Sedan listrik Renault Fluence Z. E. 5 pintu bakal di jual dengan harga awal di bawah 20. 000 dolar AS. Harga ini belum terhitung pemotongan pajak dari pemerintah AS. 42 Mobil ini bakal di jual tiada baterai, maka harga nya tambah lebih murah. Beberapa konsumen mobil ini nanti bakal mengkontrak baterai mobilnya dari perusahaan Better Place.

Cost perawatan sunting

Tesla Roadster yang di jual di AS serta Eropa mempunyai jarak tempuh seputar 245 mil sekali pengisian baterainya.

Besar cost perawatan dari mobil listrik beberapa besar yaitu cost perawatan serta pergantian baterainya. Suatu mobil listrik cuma mempunyai 5 suku cadang bergerak pada motor listrik, bila di bandingkan dengan jenis mobil bermesin pembakaran dalam yang mempunyai beberapa ratus suku cadang bergerak. 43 Baterai mobil listrik harga nya benar-benar mahal namun cost perawatannya benar-benar kecil, terlebih dengan baterai Lithium yang waktu ini banyak dipakai.

Untuk mengkalkulasi berapakah cost per km. dari mobil listrik maka utama untuk mengambil keputusan berapakah nilai gunakan baterai. Untuk mengambil keputusan nilai ini adalah hal yang susah karena fakta yang tunjukkan bahwasanya kemampuan baterai bakal menyusut sedikit untuk sedikit setiap saat pengisian lagi. Usia baterai disebutkan habis jika si yang memiliki mobil terasa bahwasanya kekuatan baterainya telah tak bisa dihandalkan lagi. Walau dengan cara penggunaan telah " habis ", namun baterai bekas (second) gunakan ini tetap mempunyai nilai manfaat lantaran tetap bisa digunakan untuk maksud yang lain atau barangkali didaur lagi kembali.

Lantaran baterai pada mobil listrik terbagi dalam banyak beberapa sel individu yang penggunaannya tak rata, maka ganti sel yang telah rusak dengan cara periodik bisa menjaga jarak tempuh kendaraan.

Baterai Tesla Roadster yang besar diklaim oleh pabrikan bisa bertahan sepanjang 7 th. dengan penggunaan normal. Harga baterai ini seputar US$12, 000. Bila mobil ini dikendarai 40 mil (64 km) /harinya dalam 7 th. maka totalnya yaitu 102. 200 mil (164, 500 km) hingga cost perawatan baterai ini per 1 mil (1. 6 km) yaitu US$0, 1174 per 1 mil (1. 6 km) atau US$4, 70 per 40 mil (64 km).

Pada th. 2010, Pemerintah Amerika Serikat mengestimasi bahwasanya baterai dengan jarak tempuh 100 mil (160 km) kurang lebih harga nya US$33. 000. Beberapa umum tetap mencemaskan ketahanan serta saat gunakan baterai.

2. Mobil Listrik vs. bahan bakar hidrokarbon

Mobil Listrik vs. bahan bakar hidrokarbon  Tesla Roadster memakai listrik sejumlah 17. 4 kW·h/100 km, sedang EV1 sejumlah 11 kW·h/100 km. Mobil listrik yang lain seperti Nissan Leaf memakai listrik sebesar 21. 25 kW·h/100 km, yang diukur oleh Tubuh Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat.

Tesla Roadster memakai listrik sejumlah 17. 4 kW·h/100 km, sedang EV1 sejumlah 11 kW·h/100 km. Mobil listrik yang lain seperti Nissan Leaf memakai listrik sebesar 21. 25 kW·h/100 km, yang diukur oleh Tubuh Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat. Perbedaan ini melukiskan perbedaan design serta tujuan penggunaan kendaraan, dan standard tes yang beragam macam. Pada intinya, pemakaian daya mobil listrik itu sendiri benar-benar bergantung dari keadaan alam serta style mengemudi. Nissan sendiri mengestimasikan bahwasanya biaya perawatan Leaf untuk 5 th. yaitu US$1, 800, sedang mobil berbahan bakar bensin US$6, 000. Menurut Nissan, biaya perawaran Leaf di Inggris yaitu 1, 75 pence per mil, sedang untuk mobil bensin ongkosnya kian lebih 10 pence per mil. Estimasi ini didasarkan pada rata-rata tarif nasional Inggris pada bln. Januari 2012 lalu, dengan pengisian dikerjakan didasarkan pada harga paling murah. Sumber


Blog, Updated at: 5:16 PM
Powered by Blogger.