Urutan Tune-up Mobil

Posted by

Untuk menyempurnakan postingan sebelumnya juga sebagai doc (dokumen) di Teknovnza, kali ini masih ingin mengajak Anda membahas Langkah urutan Tune-up Mobil. Langkah-langkan urutan tune-up mobil toyota, dan dari berbagai merk lainya atau bahan bakar bensin, diesel, inkeksi, efi, konvensional tentu hanya memiliki sedikit perbedaan dalam pengerjaan saja.

Urutan Pelaksanaan Tune-Up Mobil

Untuk menyempurnakan postingan sebelumnya  kali ini masih ingin mengajak Anda membahas Langkah urutan Tune-up Mobil. Langkah-langkan urutan tune-up mobil toyota, dan dari berbagai merk lainya atau bahan bakar bensin, diesel, inkeksi, efi, konvensional tentu hanya memiliki sedikit perbedaan dalam pengerjaan saja. Sedang peralatan yang dibutuhkan hanya sekedar menyesuaikan sesuai keperluan. Ok! Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Sesudah mesin dilakukan analisa unutk setiap kerusaknnya, maka selanjutnya pekerjaan tune up dapat kita mulai sesuai urutan. Karena pelaksanaan tune up mobil mesti berurut. Ini bertujuan supaya tak berlangsung pengulangan pekerjaan lantaran beberapa dari service komponen akan berpengaruh pada sebagian komponen yang lain.

Urutan cara tune-up mobil sendiri

Urutan cara tune-up mobil sendiri

a. Saringan Angin (Air Filter)

Saringan angin terlebih dulu mesti diservis dibanding dengan komponen yang lain, lantaran saringan angin adalah komponen mesin yang paling dingin dibanding dengan komponen yang lain sesudah mesin dihidupkan. Diluar itu saringan angin juga punya pengaruh pada komponen lain bila diservis terakhir, seperti pada pembentukan kombinasi angin serta bensin di saluran pada intake manifold (saluran pemasukan gas).

Saringan angin atau mungkin lebih popular dengan sebutan filter terdapat didalam kotak berupa lingkaran yang mirip piring. Kotak itu terbuat dari pelat besi umum. Waktu pengapian, putaran stasioner sangatlah di pengaruhi oleh saringan angin. Penyetelan idel juga di pengaruhi oleh saringan angin.

b. Platina

Sesudah saringan angin dibikin bersih atau mungkin ditukar, komponen selanjutnya yang perlu diservis yaitu platina. Platina terdapat didalam distributor. Platina butuh di check atau mungkin diservis terlebih dulu sebelum saat menyetel waktu pengapian serta putaran stasioner. Bila platina disetel sesudah penyetelan waktu pengapian serta putaran stasioner, bakal berlangsung pengulangan kerja. Sesudah platina dibikin bersih serta dipasang, waktu pengapian pasti beralih, lantaran waktu pengapian di pengaruhi oleh celah platina. Bila celah platina semakin besar, waktu pengapian bakal maju sedikit. Demikian sebaliknya, bila celah platina lebih sempit, waktu pengapian bakal mundur.

Putaran stasioner juga di pengaruhi oleh celah platina. Bila celah platina semakin besar, putaran stasioner bakal turun. Demikian sebaliknya, bila celah platina makin kecil, putaran stasioner bakal naik sedikit. Walau pergantian putaran stasioner itu tak demikian besar, butuh di perhatikan untuk kecermatan hasil servis. Keadaan permukaan kontak platina sangatlah punya pengaruh pada putaran stasioner serta bunyi mesin. Bila permukaan platina kotor, putaran stasioner bakal turun. Tetapi, bila permukaan platina dibikin bersih, putaran stasioner bakal naik. Karenanya, tak pas bila platina diservis sesudah penyetelan putaran stasioner serta kombinasi gas.

Sesudah perbaikan platina usai, gunakanlah platina dengan benar. Cermati kabel yang dapat mengakibatkan jalinan singkat dengan bodi mesin. Jalinan singkat dengan bodi mesin menyebabkan tak terjadinya loncatan bunga api pada busi. Jika mobil telah memakai CDI maka tak perlu melalui bagian ini.

c. Kabel Busi

Sesudah platina diservis, tutup distributor tak perlu selekasnya dipasang. Check keadaan tutup distributor beserta kabel-kabelnya. Kontrol itu dikerjakan sesudah menyervis platina dengan maksud untuk efisiensi kerja.

Keadaan mesin di pengaruhi oleh kwalitas pengapiannya. Kwalitas pengapian di pengaruhi oleh nyala api busi serta kabel¬kabel businya. Tetapi, kabel busi mesti di check atau mungkin diservis terlebih dulu dari pada businya, lantaran kabel busi adalah pengantar untuk lewatnya arus tegangan tinggi ke busi. Nyala api busi sangatlah di pengaruhi oleh keadaan kabel-kabel businya.

Kabel busi tak bisa ditukar dengan kabel yang asal-asalan mutunya. Hal semacam ini ditujukan untuk hindari kendala yang besar pada busi. Isolasi kabel busi mesti penuhi prasyarat, lantaran listrik yang dialirkan bertegangan tinggi (15. 000-20. 000 volt). Isolasi kabel busi yang telah usang mesti ditukar kabelnya. Pergantian kabel busi baiknya satu unit, dengan harga yang bermacam¬macam. Biasanya, makin mahal harga nya, makin terbaik mutunya.

Kabel busi yang retak isolatornya atau mungkin sudah usang mengakibatkan munculnya crossfire, yaitu induksi pada kabel busi yang berdekatan, hingga busi yang kabelnya terserang induksi meloncatkan bunga api liar serta mengakibatkan kerja mesin terganggu. Cross fire mengakibatkan bunyi mesin kasar serta tenaga mesin jadi turun. Untuk mengecek kabel busi umumnya besarnya tahanan diukur memakai Ohm mtr., bila besarnya tahanan tak sesuai sama standartnya maka kabel busi ditukar dengan yang terbaik.

d. Tutup Distributor

Tutup distributor baiknya di check kondisinya berbarengan dengan kontrol kabel-kabel busi serta servis platina. Hal semacam ini ditujukan untuk meng¬hemat saat kerja. Bila pemeriksa¬an tutup ditributor dikerjakan se¬telah mesin dihidupkan, bakal mengulangi pekerjaan melepas serta mencabut kabel busi serta tutup dis¬tributor.

Tutup distributor dinyatakan terbaik bila kondisinya seperti berikut.

Tak retak.
Arang pada tutup distributor yang berperan meng¬alirkan listrik tegangan tinggi tak aus.
Dapat tutup dengan rapat.

Ada jenis tutup distributor yang dilengkapi lubang ventilasi dibagian atas tutup itu. Manfaat lubang ventilasi itu yaitu untuk penguapan air yang terjerat didalam tutup distributor. Karenanya ada ventilasi itu, uap air dapat keluar hingga distributor terus kering.

e. Accu

Kontrol selanjutnya yaitu kontrol accu. Kontrol accu mencakup seperti berikut.

Tinggi Air Accu

Air accu mesti cukup, yaitu ketinggiannya pada garis batas atas (upper level) serta garis batas bawah (lower level). Bila air accu jumlahnya kurang, imbuhkan dengan accu zur seperlunya. Ketinggian air accu pada prinsipnya yaitu merendam semua beberapa sel accu sedikitnya 1 cm diatas beberapa sel accu itu. Bila mobil memakai accu kering, perawatannya jadi lebih gampang lantaran tak membutuhkan air accu yang dapat menyusut lantaran penguapan. Kutub-kutub accu juga mesti bersih, tak kotor oleh jamur atau mungkin sejenisnya. Tetapi, harga accu kering lebih mahal hingga ada banyak mobil yang memakai accu basah. Air accu yang kurang (dibawah standard) menyebabkan reaksi pada accu tak optimal, hingga arus yang dihasilkannya tak memenuhi untuk penuhi keperluan listrik pada mobil.

Bersihkan Kutub-kutub Accu dari Jamur serta Karat

Jamur pada kutub-kutub accu dapat dibikin bersih dengan air hangat, sedang karat yang mengotori kutub-kutub accu mesti dibikin bersih dengan ampelas.

Sisi yang kelihatannya sepele, namun sangatlah utama, yaitu klem atau mungkin penjepit kabel accu dengan kutub- kutubnya. Klem itu gampang sekali kendor. Bila klem kendor, mesin bakal mati lantaran busi tak melon¬catkan bunga api. Untuk menjaga klem supaya terus berperan dengan terbaik, ke¬raskan baut pengikatnya serta pakai klem yang berkwalitas terbaik. Kutub-kutub accu yang kotor atau mungkin berkarat mengakibatkan tahanan sangatlah besar. Mengakibatkan, arus yang mengalir jadi menyusut (kecil) hingga tenaga mesin jadi menyusut, bahkan juga mesin tidak dapat dihidupkan.

Pada kontrol pengapian, biasanya accu di check terakhir, itu juga bila bunga api yang keluar dari busi sangatlah kecil serta sisi pengapian yang lain sudah diservis.

f. Busi

Busi baiknya di check sesudah pengukuran desakan kompresi atau mungkin sebelum saat penyetelan celah katup. Argumennya, pada pengukuran desakan kompresi ataupun penyetelan celah katup busi dalam situasi tak terpasang, dapat membuahkan efisiensi kerja yang maksimal. Waktu pengukuran kompresi, busi mesti dilepaskan lantaran lubang busi dipakai untuk memasukkan ujung alat pengukur desakan kompresi. Pada penyetelan celah katup, busi baiknya dalam situasi tak terpasang supaya mesin enteng waktu diputar.

Sisi busi yang butuh di check yaitu elektrodanya, yang mencakup kebersihan serta celah elektrodanya. Elektroda yang kotor mesti diampelas dengan ampelas besi serta elektroda positif serta elektroda negatif tak bisa terkait. Karenanya, mesti disetel celahnya. Ada kotoran pada ke-2 elektroda busi dapat menyebabkan terhalangnya jalan loncatan bunga api listrik.

Sesudah elektrodanya dibikin bersih dengan ampelas, pada elektroda busi cermati beberapa hal seperti berikut.

Bila ada lingkaran berwarna agak biru pada elektroda tengah dengan insulatornya, bermakna jenis busi yang dipakai pas.

Bila insulatornya agak hitam serta elektrodanya berwarna biru, bermakna jenis businya terlampau dingin.

Bila insulatornya berwarna putih serta berlangsung erosi pada elektrodanya, bermakna jenis businya terlampau panas.

Ada tiga jenis busi, yakni busi panas, tengah, serta dingin. Busi jenis panas kurang tahan pada panas, jenis dingin tahan pada panas. Busi panas pas untuk perjalanan jauh.

g. Menyetel Celah Katup

Langkah paling pas demikian usai menyervis busi yaitu menyetel celah katup. Sepanjang penyetelan celah katup, busi tak perlu dipasang di lubangnya. Biarlah mesin tanpa ada busi untuk sesaat, sampai penyetelan katup usai.

Penyetelan celah katup dalam situasi mesin tanpa ada busi bakal beroleh keuntungan seperti berikut.

  • Mesin bakal lebih enteng diputar waktu mencari posisi top kompresi semasing silinder.
  • Memudahkan dalam mengecek posisi piston, yaitu telah meraih titik puncaknya atau mungkin belum.
  • Lebih aman, lantaran mesin tak mungkin saja berputar (hidup) tanpa ada busi.


1. Prasyarat Penyetelan Katup
Supaya penyetelan katup sukses dengan terbaik, mesti dipenuhi kriteria seperti berikut.

Penyetelan dikerjakan saat katup tutup rapat.
Penyetelan dikerjakan saat celah katup terbesar.
Penyetelan katup bisa sukses dengan terbaik bila sistem kerja mesin (gerak naik-turun piston) sesuai sama gerak katup-katupnya.

2. Langkah Penyetelan
Ada dua langkah penyetelan untuk penuhi kriteria supaya penyetelan katup sukses dengan terbaik, yakni seperti berikut.

Dengan memutar poros engkol (pub), untuk bikin piston ada di posisi top kompresi semasing silinder. Langkah tersebut banyak memerlukan tenaga serta saat, lantaran mesti memutar pull sesuai sama dengan adanya banyak silinder hingga memiliki posisi piston pada top silinder 1, 2, 3, 4, dan sebagainya. Waktu posisi top kompresi, ke-2 katup iNdan EX mesti dalam situasi tutup rapat, hingga dapat disetel celahnya.

Dengan memutar poros engkol (pub), untuk bikin piston pada posisi top kompresi silinder 1 serta silinder lain yang dibutuhkan sesuai sama sistem kerja mesin. Langkah tersebut lebih cepat serta menghemat dengan tenaga, namun membutuhkan pengetahuan tehnik mobil yang cukup, terutama jalinan pada urutan pengapian (FO = firing order) serta penyetelan katup.

h. Positive Crank Case Ventilation (PCV)

PCV yaitu system ventilasi ruangan engkol. Uap bensin yang bocor ke ruangan engkol dialirkan kembali ke ruangan bakar mesin lewat suatu selang yang menghubungkan ruangan engkol ke intake manifold

Sesudah penyetelan katup, baiknya PCV diservis terlebih dulu sebelum saat. tes kompresi. PCV sedikit punya pengaruh pada desakan kompresi serta putaran mesin. Tanpa ada PCV putaran mesin lebih rendah dibanding dengan saat PCVdiaktiflan.

Dalam servis PCV, yang butuh di check yaitu kerja katup PCV serta kerapatan selang-selangnya. Katup PCV yang sudah rusak baiknya ditukar dengan yang baru.

i. Waktu Pengapian

Waktu pengapian baiknya disetel sesudah penyetelan putaran mesin. Argumennya, lantaran waktu pengapian yang terdaftar dalam buku dasar servis mobil yaitu waktu pengapian pada putaran stasioner. Bila waktu pengapiannya disetel pada putaran tak stasioner, bakal berlangsung pengulangan kerja. Hal semacam ini sesungguhnya dapat dijauhi, lantaran demikian pu¬taran mesin disetel, waktu penga¬t, piannya pasti beralih.

Prinsip penyetelan waktu pengapian yaitu memutar dis¬tributor dalam situasi mesin hidup hingga beroleh bunyi mesin yang paling halus dengan tenaga yang terbesar. Prinsip penyetelan ini dapat jadikan dasar, bila penyetelan waktu pengapian dikerjakan tanpa ada memakai timing- light (penyetelan perigapian) atau mungkin alat bantu yang lain.

Distributor bisa diputar ke kiri atau mungkin ke kanan sesudah baut pengikatnya dikendorkan. Bila distributor diputar berlawanan arah dengan putaran rotor, bermakna waktu pengapiannya dimajukan. Demikian sebaliknya, bila distributor diputar searah dengan putaran rotor, bermakna waktu pengapian dimundurkan.

j. Idel

Penyetelan idel adalah penyetelan yang terakhir dalam tune-up mesin mobil. Hasil penyetelan idel tak punya pengaruh pada waktu pengapian, celah katup, kompresi, serta pendinginan. Demikian sebaliknya, idel sangatlah di pengaruhi oleh beragam komponen mesin.

Menyetel idel pada prinsipnya yaitu menyetel kombinasi pada angin dengan bensin pada putaran idling. Jadi sebelum saat menyetel kombinasi idel, putaran mesinnya mesti stasioner terlebih dulu. Bila sesudah penyetelan idel, lalu putaran stasionernya beralih, putaran stasionernya mesti disetel lagi.

k. Tali Kipas

Dalam tune up, tali kipas juga mesti disetel. Kekencangan tali kipas punya pengaruh pada pendinginan serta putar¬an alternator. Bila tali kipas kendor, putaran mesin tak dapat memu-tar kipas pendingin de¬ngan terbaik lantaran selip.

Mengakibatkan, pendinginan oleh kipas tak sesuai sama putaran mesin hingga mesin jadi panas. Diluar itu, putaran alternator juga tak dapat maksimum hingga pengisian ke baterai kurang terbaik.

Menghidupkan Mesin Sesudah Tune-Up

Sesudah tune-up usai serta mesin bakal dihidupkan, cermati semua komponen mesin telah terpasang di tempatnya dengan benar atau mungkin belum. Bila seluruhnya komponen sudah terpasang dengan benar, hidupkan mesin pada ifputaran stasioner sebagian menit. Sepanjang mesin berputar stasioner, dengarkan bunyi normal, naikkan putaran mesin perlahan sembari cermati bunyi mesin, getaran, serta asap knalpotnya. Bila telah meyakini tak ada masalah atau mungkin ketidaknormalan pada mesin, bermakna tune-up sudah usai.
Selesai... sampai disini mudah-mudahan Anda sudah bisa memahami pengertian Tune-up Mobil, Fungsi dan tujuannya, karena sudah kita ulas sebelum ini. Disini, tahap terakhir kita hanya berfokus pada cara pengerjaan sesuai urutan tune-up mobil sesuai yang Teknovanza ketahui.

Selesai... sampai disini mudah-mudahan Anda sudah bisa memahami pengertian Tune-up Mobil, Fungsi dan tujuannya, karena sudah kita ulas sebelum ini. Disini, tahap terakhir kita hanya berfokus pada cara pengerjaan sesuai urutan tune-up mobil sesuai yang Teknovanza ketahui. Jadi mengenai ongkos, biaya dan cara tune-up yang lebih sepesifik, mungkin sesuai merk toyota atau honda, bahan bakar solar/bensiin atau efi dan injeksi bisa kita ulas pada kesempatan yang lain.
Sumber


Blog, Updated at: 7:40 PM
Powered by Blogger.