Mesin berteknologi DOHC, desain dari frame kekinian Truss Frame, menggunakan sistem pendingin mesin liquid-cooled dengan sistem auto fan, untuk kenyamanannya dilengkapi sistem pro-link untuk suspensi bagian belakang. Apalagi kalau bukan motor Honda CB 150R Streetfire!
Mengusung kecanggihan Honda CBR150R, di Indonesia hadir motor CB 150R sebagai perwakilan dari motor sport dengan model naked alias tanpa fairing. Namun inovasi teknologi motor Honda yang satu ini tidak berguna jika tidak didukung dengan perilaku perawatan yang mumpuni.
Berikut ini beberapa tips merawat motor CB150R, yang dapat membuat motor injeksi Honda ini awet dan top performa terus!
Cek Selang Bahan Bakar
Injektor berfungsi menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang dimana takaran dan waktunya diatur oleh ECU (Electronic Control Unit). Selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran pada ruang bakar, peranti ini juga sangat menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah motor. Apabila selang ini kotor atau bocor, maka kinerja injektor tidak akan maksimal. Oleh karena itu, selain bahan bakar wajib diperiksa setiap 2.000 kilometer sekali.
Injektor berfungsi menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang dimana takaran dan waktunya diatur oleh ECU (Electronic Control Unit). Selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran pada ruang bakar, peranti ini juga sangat menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah motor. Apabila selang ini kotor atau bocor, maka kinerja injektor tidak akan maksimal. Oleh karena itu, selain bahan bakar wajib diperiksa setiap 2.000 kilometer sekali.
Cek Pompa Bahan Bakar
Bila motor streetfire telah lebih dari 50 ribu kilometer atau kelipatannya, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pompa bahan bakar. Mendeteksi part yang satu ini cukup mudah, caranya cukup hidupkan mesin motor di tempat yang tidak bising, kemudian dengarkan di bagian tangki apakah ada suara mendenging atau mendesing. Apabila hal tersebut terjadi, maka Brosis harus membersihkannya atau menguras tangki bahan bakar. Dengan cara tersebut, mana Brosis akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Bila motor streetfire telah lebih dari 50 ribu kilometer atau kelipatannya, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pompa bahan bakar. Mendeteksi part yang satu ini cukup mudah, caranya cukup hidupkan mesin motor di tempat yang tidak bising, kemudian dengarkan di bagian tangki apakah ada suara mendenging atau mendesing. Apabila hal tersebut terjadi, maka Brosis harus membersihkannya atau menguras tangki bahan bakar. Dengan cara tersebut, mana Brosis akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Cek Busi dan Filter Udara
Busi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar. Ketepatan percikan api dari busi dengan semburan bahan bakar yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran. Baik busi atau filter udara lebih baik tidak kotor. Karena apabila busi kotor dapat membuat proses pembakaran tidak sempurna, sedangkan jika filter udara kotor dapat menghembuskan udara yang kotor ke dalam ruang bakar mesin. Apalagi mengingat komposisi kesempurnaan proses pembakaran sangat ditentukan dengan idealnya udara dan bahan bakar.
Busi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar. Ketepatan percikan api dari busi dengan semburan bahan bakar yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran. Baik busi atau filter udara lebih baik tidak kotor. Karena apabila busi kotor dapat membuat proses pembakaran tidak sempurna, sedangkan jika filter udara kotor dapat menghembuskan udara yang kotor ke dalam ruang bakar mesin. Apalagi mengingat komposisi kesempurnaan proses pembakaran sangat ditentukan dengan idealnya udara dan bahan bakar.
Cek ECU
ECU merupakan otak yang mencampurkan keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup kelp injektor. Sehingga, bila peranti ini terganggu maka kinerja injektor juga tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Akibat dari rusaknya peranti ini adalah dapat menyebabkan mesin tidak mau jalan alias mogok. Namun penyebab dari kerusakan ECU kebanyakan adalah over supply, voltase seumber kelistrikan rendah, korsleting akibat tekanan air dan lain-lain.
ECU merupakan otak yang mencampurkan keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup kelp injektor. Sehingga, bila peranti ini terganggu maka kinerja injektor juga tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Akibat dari rusaknya peranti ini adalah dapat menyebabkan mesin tidak mau jalan alias mogok. Namun penyebab dari kerusakan ECU kebanyakan adalah over supply, voltase seumber kelistrikan rendah, korsleting akibat tekanan air dan lain-lain.
Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas
Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap mesin injeksi. Oleh karena itu, sebaiknya Brosis menggunakan bahan bakar yang oktannya sesuai dengan standart pabrikannya. Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan tersembatnya lubang injektor, sehingga spray quality atau kemampuan menyemprot kabut gas pada injektor jadi kurang sempurna.
Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap mesin injeksi. Oleh karena itu, sebaiknya Brosis menggunakan bahan bakar yang oktannya sesuai dengan standart pabrikannya. Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan tersembatnya lubang injektor, sehingga spray quality atau kemampuan menyemprot kabut gas pada injektor jadi kurang sempurna.
Perhatikan Kondisi Aki
Motor CB150R Streetfire sudah berteknologi injeksi, jadi kesehatan aki perlu diperhatikan. Mengingat, sistem injeksi yang memanfaatkan kontrol elektrik sebagai penghidup mesin, penyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Maka jelas sekali injeksi memiliki konsumsi listrik, dalam hal ini adalah aki. Maka perhatikan kondisi aki secara rutin, segera ganti aki motor jika sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal.
Motor CB150R Streetfire sudah berteknologi injeksi, jadi kesehatan aki perlu diperhatikan. Mengingat, sistem injeksi yang memanfaatkan kontrol elektrik sebagai penghidup mesin, penyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Maka jelas sekali injeksi memiliki konsumsi listrik, dalam hal ini adalah aki. Maka perhatikan kondisi aki secara rutin, segera ganti aki motor jika sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal.
Lakukan Servis Berkala
Yang tidak boleh ketinggalan adalah service berkala. Lakukan service secara berkala setiap 3.000 kilometer atau kelipatannya. Hal ini dapat Brosis lakukan pada AHASS di seluruh Indonesia, karena hanya di AHASS yang memiliki alat untuk mengecek injektor serta perangkat lainnya untuk mendukung perawatan rutin motor sport tersebut.
Yang tidak boleh ketinggalan adalah service berkala. Lakukan service secara berkala setiap 3.000 kilometer atau kelipatannya. Hal ini dapat Brosis lakukan pada AHASS di seluruh Indonesia, karena hanya di AHASS yang memiliki alat untuk mengecek injektor serta perangkat lainnya untuk mendukung perawatan rutin motor sport tersebut.
Sumber :www.mpm-motor.co.id