KONSEP MOBIL TANPA BENSIN DAN TANPA CHARGE ULANG

Posted by

Sesuai dengan Judul nya , Apakah Mungkin ada mobil yang dapat berjalan tanpa menggunakan bensin atau
charge ??

Bagaimana Mobil listrik itu bisa berjalan tanpa perlu men- charge ulang ??

Jadi begini
MOBIL LISTRIK HYBRID Cara kerja mesin listrik dengan prinsip regenerative (isi ulang/recharging saat kendaraan sedang beroperasi) pada mesin hybrid, berbeda dengan mobil tenaga listrik penuh. Mobil tersebut tidak bisa mengisi ulang listriknya. Bila listriknya habis, Batterai/aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam (untuk teknologi charger onboard). Khusus mesin hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki (batray) dengan memanfaatkan kinetic energy saat mengerem (regenerative brakeing).
Namun, pada mobil listrik hybrid yang sudah “ada” tetap menggunakan bahan tambahan bensin dan charge ulang (walaupun lebih hemat) dibanding mobil listrik biasa.
Dan disini saya berfikir Bagaimana jika mobil listrik hybrid YANG BENAR-BENAR TANPA BAHAN BAKAR DAN CHARGE LISTRIK TAMBAHAN?
ini sedikit logika yang ada di pikiran saya
Dinamo bisa berputar karena adanya listrik
dan “sebaliknya” Listrik ada karena Dinamo berputar
dengan kata lain
Adanya Listrik dapat membuat dinamo berputar
dan Dinamo berputar dapat menghasilkan Listrik
Coba perhatikan dua penjelasan diatas, jika Dinamo dan listrik dapat menghasilkan energi yang mereka butuhkan sendiri, lalu apa gunanya batray??
Jika masih belum jelas, silahkan lihat video youtube berikut::
Video dibawah ini adalah video yg mempresentasikan Dinamo tanpa energi
Nahh Presentasi di youtube tadi bisa saya bilang adalah “miniatur” yg bisa dipakai nantinya untuk mesin mobil listrik tanpa di charge.
Lalu rencana Logika yg real nya bisa saya jelaskan pada berikut ini,
Mobil impian ini setidaknya, harus mempunyai 3 batray atau lebih dengan proses pengisian daya pada batray sebagai berikut::
mobilKeterangan::
1. Batarai pertama
2. Batrai kedua
3. Batrai ketiga
4. roda penggerak mobil yang juga generatorPenghasil Listrik
5. Mesin Penggerak mobil (mesin utama)
Nahh cara kerjanya seperti ini::
Mobil tetap berjalan hanya dengan 1 batrai saja dan batrai lainya berperan sebagai pengganti batrai lain yang habis dengan cara bergantian. Batrai 1=> Batrai 2=> Batrai 3
Proses berjalanya seperti ini,
Ketika mobil dalam keadaan “fresh” dengan jumlah 3 batrai yang sudah terisi full, maka mobil berjalan dengan satu batrai yaitu batrai utama.
Setelah itu, semisal perjalanan mobil sudah melampaui 2 jam dan batrai pertama habis maka mobil akan otomatis menggunakan daya pada batrai ke-dua.
Nahh disiniProses pengisian pada batrai pertamaberlangsung pula secara otomatis
Pengisian pada batrai utama dapat dilakukan karena mendapatkan pasokan listrik pada Roda penggerak mobil yang juga sebagai generator listrik (no 4 pada gambar). Dan pengisian pada batrai utama berlangsung terus hingga batray ke dua habis, katakanlah 2 jam kemudian.
Lalu, pada saat batrai ke dua telah habis, maka secara otomatis sumber daya mobil dialihkan pada Batrai ke tiga. dan proses charge juga otomatis berlangsung untuk batrai pertama DAN batrai kedua. (Karena secara logika pula, proses pengecasan batrai pasti lebih lama dibanding proses pemakaianya) Itu sebabnya menggunakan 3 batrai
Pada saat batrai ke 3 juga habis, Maka pada saat bersamaan proses pengisian ulang atau charge pada batrai pertama tadi juga sudah penuh sehingga sumber daya mobil otomatis diarahkan pada batrai pertama. Dan proses berputar begitu seterusnya
Sumber


Blog, Updated at: 2:12 PM
Powered by Blogger.