Dasar kerja rem hidrolik
Cara kerjanya adalah pijakan pada pedal rem oleh
pengemudi di teruskan secara mekanik ke master silinder, sehingga cairan
yang berada pada master silinder tertekan dan meneruskannya ke
silinder roda untuk rem tromol ,dari silinder roda diteruskan ke kampas
rem sehingga kampas rem menekan tromol dan memperlambat laju kendaraan,
sedangkan untuk cakram dari master silinder diteruskan ke caliper.Baca juga : Sistem Rem Mobil
Komponen rem hidrolik :
- Pedal rem
- Master silinder
- Kabel fleksibel
- Silinder roda
- Napel udara
- Tabung reservoir
- Selang rem

Contoh : apabila pada piston A diberikan gaya 100kg, piston B akan mendapat gaya 100kg pula, jika kedua piston berukuran sama besar. Untuk memperbesar gaya adalah dengan memperbesar penampang piston B dan memperkecil penampang piston A, untuk memperkecil maka berlaku kebalikannya.